Popular Post

Posted by : afit Oct 13, 2012


Sebelumnya saya sudah posting mengenai Konfigirasi Boot Menu di Ubuntu [Menjadikan Windows Sebagai Default OS] bagi anda yang melakukan dual boot, nah anda yang punya PC/Laptop dualboot juga pasti tau mengenai Grub Background saat memilih OS yang ingin di boot.
Backgroundnya warna ungu kalau di Ubuntu 12.04, warna yang membosankan menurut saya, saya sendiri tidak menggunakan dual boot [farewell windows....], tetapi saudara saya menggunkan dualboot, jadi saya sempat untuk mencoba mengganti Grub Backgroundnya.
Grub background merupakan file image biasa yang letaknya di /boot/grub, jadi simplenya kita hanya akan mengganti file yang sudah ada dengan gambar yang kita inginkan. Cukup siapkan gambar yang ingin dipakai sebagai grub Background, ukuranya sesuaikan dengan layar anda dan kalau bisa file size jangan yang besar.
pertama masuk ke /boot/grub dengan akses super user
sudo nautilus

Setelah anda berada di /boot/grub, temukan file yang menjadi background kemudian ganti dengan file yang anda siapkan, jangan lupa pastikan filenamenya sudah sama.
Selanjutnya update grub dengan:
sudo update grub
Selesai, selamat mencoba dan jangan lupa berdoa sebelumnya.

Leave a Reply

terimkasih atas masukannya :D

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Newbie eVoLution - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -